Sunday, May 24, 2015

MAKALAH FAKSIMILE



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan  hidayah-nya,sehingga kami dapat menyusun makalah tantang FAKSIMILE.sesuai dengan hasil yang diperoleh dari pemikiran dan pengolahan sumber informasi yang kami dapat.baik dari internet maupun sumber refrensi buku-buku.yang akhirnya ditulis dalam bentuk sebuah makalh ini.maka,dengan adanya makalah usaha ini.harapan kami ataupun siapa saja yang membaca dapat berfikir kritis untuk kedepanya,serta dapat mengetaui lebih jelas tentang faksimile.atas tersusunya makalah ini,tidak lepas pula dari jasa berbagai pihak yang terkait baik dalam proses penyusunan makalah ini,maka kami mengucapkan terima kasih kepada:
1)Ibu Maritha Juliani Mariono
2)orang tua kami yang selalu mendukung dan membibing kami,baik secara material dan nonmaterial
3)teman teman kelompok yang telah membantu menyusun makalah ini
4)dan semua pihak yang telah membantu dalam menyusun makalah ini Mudah-mudahan semua amal baik ini mendapatkan balasan dari tuhan yang maha esa.kami menyadari bahwa dalam menyusun makalah ini masih banyak kesalahan dan kekurangan,untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat kami harapkan.kami selaku penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para mahasisiwa smkn 2 simpang empat ataupun sipa saja yang membaca nya.
                                                         
                                                                            
Simpang empat,29 september 2014
                                                                              Penyusun
                                                                                     
                                                                            (kelompok 4)


1


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR

BAB 1 PENDAHULUAN
-A.latar   belakang
-B.Tujuan penulisan
-C.Rumusan masalah

BAB 2 PEMBAHASAN
1.pengertian faksimile
2.fungsi faksimile
3.keuntungan faksimile
4.kekurangan faksimile
5.cara pengoperasian faksimile

PENTUP DAN KESIMPULAN

DAFTAR PUSTAKA





BAB 1 PENDAHULUAN

A.LATAR BELAKANG
Secara umum faksimile itu ialah pesawat atau mesin untuk mengirim dan menerima berita dan gambar melalui telefoto atau komunikasi radio dengan sistem reproduksi fotografi.
Alat ini termasuk salah satu alat yang digunakan untuk bekerja di bidang administrasi perkantoran.sering kita jumpai di kantor,alat ini berfungsi sebagai salah satu alat yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor.
FAKSIMILE bisa dibilang kalah canggih dengan email namun adapun banyak kelebihan yang dimiliki.

B.TUJUAN PENULISAN
Tujuan penulisan makalah FAKSIMILE yaitu:
1.memenuhi tugas yang diberikan pada mata pelajaran korespondensi
2.sebagai proses pembelajaran,pemahaman,pengembangan diri tentang penjelasan faksimile
3.pendalaman serta pengkajian terhadap faksimile
4.sarana pembelajaran lebih lanjut mengenai faksimile
5.menambah pengetahuan
C.RUMUSAN MASALAH
1)apa pengertian faksimile ?
2)sebutkan fungsi faksimile !
3)apa keuntungan dari faksimile ?
4)apa kekurangan dari faksimile ?
5)bagaimana cara pengopersian faksimile ?


2


BAB 2 PEMBAHASAN

1.PENGERTIAN FAKSIMILE
Faksimile atau biasa dikenal dengan faks adalah teknologi telekomunikasi yang digunakan untuk menyalin dan mengirimkan dokumen yang serupa dengan aslinya,menggunakan jaringan telepon ke mesin fax penerima yang kemudian bisa dicetak dikertas.
Kata faksimile berasal dari bahasa latin yaitu`fac simile` (make similar),yang artinya membuat salinan yang sama dengan aslinya.
Di berbagai tempat faks juga dikenal sebagai telecopier.
Menurut KBBI (kamus besar bahasa indonesia)
Faksimile adalah pesawat atau mesin untuk mengirim dan menerima berita dan gambar melalui telefoto atau komunikasi radio dengan sistem reproduksi fotografi.
Menurut A.G Pringgodigdo
Faksimile adalah sistem trasmisi tanpa kawat untuk gambar-gambar dan grafik-grafik dengan cara mengetur sinar cahaya dan foto elektrik sel serta mengubah bagian gelap dan terang dari suatu bahan sehingga dapat dipancarkan dalam suara,lalu pesawat penerima akan mengubahnya kembali seperti aslinya kepada kertas yang telah diolah secara ilmiah.

2)FUNGSI FAKSIMILE
Berguna untuk mengirim dan menerima data berupa tulisan,gambar atau voice(suara) dengan menggunakan jaringan telephone (PTSN) atau dengan PABX(pengiriman dan penerimaan satu area jaringan).
Mesin faksmile menjadi keharusan bagi mereka yang melakukan bisnis atau pekerjaan yang memerlukan pengiriman berkas dengan akurat,terutama bila menggunakan kop surat dan tanda tangan persetujuan dan lain sebagainya.


3


3)KEUNTUNGAN FAKSIMILE
Mesin faks membantu pengiriman suatu dokumen ke tempat yang jauh dalam waktu singkat.ketika mengirim dokumen ke tempat yang jauh,maka mesin faks akan mengirim lebih cepat dan spontan melampaui kinerja pengiriman surat melaui pos.
1.biaya operasional yang lebih murah
2.penggunaan dapat dilakukan oleh beberapa bagian sekaligus
3.aktivis faks yang dikirim/terima dapat di kontrol atau dilihat
4.kualitas faks yang sangat baik
5.bisa mengirim dari jarak jauh

4)KEKURANGAN FAKSIMILE
Mesin faks dalam kualitas telah menurunkanya dalam posisi di bawah surat elektronik atau email sebagai bentuk alat transfer dokumen secara elektronik yang tersebar luas dan digunakan banyak sekali orang.
1.kalah canggih dengan e-mail
2.mahalnya biaya yang dikeluarkan bila dibandingkan dengan e-mail

5) CARA PENGOPERASIAN FAKSIMILE
Proses kerja mesin faks diawali dengan keharusan bahwa penerima dan pengirim harus memiliki mesin faks.pengirim akan memasukkan dokumen yang hendak dikirim ke bagian feeder mesin faks dan selanjutnya menekan nomor telepon mesin faks yang dituju.ketika koneksi telah terjadi dengan mesin faks tujuan,maka mesin faks akan melakukan scanning dngan membaca area yang sangat kecil pada dokumen tersebut.mesin faks tersebut akan mengubahnya menjadi suatu sinyal listrik untuk kemudian menerjemahkan daerah yang dibaca sebagai daerah gelap atau terang dengan menandainya “0” untuk gelap dan “1” untuk terang.sinyal listrik tersebut lalu ditransmisikan melewati saluran telepon dan menuju mesin penerima faks.mesin penerima tersebut kemudian menangkap dan mengartikan sinyal listrik untuk membuat suatu dokumen yang persis sama dengan aslinya dan kemudian mencetaknya.
4


Adapun cara mengirim dokumen melaui faks yaitu:
1.membuat surat pengantar untuk memastikan untuk siapa dan kemana dokumen ini akan dikirim dan apakah nomor yang dituju benar atau salah.masukan surat pengantar terlebih dahulu sebelum dokumen anda dimasukan ke dalam mesin faks feeder yang menghadap ke arah mesin.
2.masukan nomor fax kedalam mesin.akan ada tombol angka seperti telepon pada mesin faks.hati-hati ketik nomor sehingga anda tidak membuat kesalahan,karena sulit untuk mengetahui bila anda telah menghubungi nomor faks yang salah.
3.tekan tombol kirim jika anda telah benar memasukan semua angka kedalam mesin.ini akan memulai pengiriman dokumen.tombol kirim biasanya lebih besar dari tombol yang lain dan dicari,biasanya tombol ini diletakan disamping atau dibawah keypad.
4.tunggu sampai dokumen anda melewati mesin dan kumpulkan jika sudah selesai.apapun yang anda krimkan akan melewati serangkain roll dan direkam secara digital.
5.tunggu sampai ada konfirmasi yang akan memberitahukan anda faks anda berhasil terkirim atau tidak.


PENUTUP DAN KESIMPULAN
Jadi dapat kita simpulkan arti dari faksimile ialah peralatan komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan dokumen dengan menggunakan suatu parangkat yang mampu beroperasi melalui jaringan telepon dengan hasil yang serupa dengan hasilnya.dan berguna untuk mengirim dan menerima data berupa tulisan,gambar atau voice(suara) dengan menggunakan jaringan telephone (PTSN) atau dengan PABX(pengiriman dan penerimaan satu area jaringan).
Adapun kelebihan faksimile Mesin faks membantu pengiriman suatu dokumen ke tempat yang jauh dalam waktu singkat.ketika mengirim dokumen ke tempat yang jauh,maka mesin faks akan mengirim lebih cepat dan spontan melampaui kinerja pengiriman surat melaui pos,dan biaya relatif murah.namun adapun kekuranganya Mesin faks dalam kualitas telah menurunkanya dalam posisi di bawah surat elektronik atau email sebagai bentuk alat transfer dokumen secara elektronik yang tersebar luas dan digunakan banyak sekali orang.
5


DAFTAR PUSTAKA
Prindnggodigdo.1973.ensiklopedia umum.jakarta:yayasan kanisius.
Roddy,dennis.1995.electronic communications.new jersey:prentice hall international editions.
Fukazawa,h .(2001).”Identification and quantification of chlorinated bisphenol a in wastewater from wastepaper recyling plants”.chemosphere 44:973_979
referensi lain:
http://www.pengetahuan-teknologi.blogspot.com




6

No comments:

Post a Comment

CONTOH SURAT PERKENALAN

CV ANGKASA JAYA COM            Alamat: JL.Makmur N0. 10 Jakarta Selatan Tel. 021 333444 Kode Pos:123567 Nomor          ...